Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Komunitas Jual Beli Online E-Commerce (Study Kasus Terhadap Komunitas Jual Beli Online Daerah Waru Pamekasan)

Ach. Dlofirul Anam dan Noer Laili

Authors

  • Ach. Dlofirul Anam Sokolah Tinggi Ilmu Syariah Assalafiyah Sumber Duko Pamekasan
  • Noer Laili Sokolah Tinggi Ilmu Syariah Assalafiyah Sumber Duko Pamekasan

DOI:

https://doi.org/10.69784/annawazil.v6i2.116

Keywords:

Jual Beli Online, E-Commerce, Fiqih Muamalah

Abstract

Transaksi jual beli dalam Islam semakin berkembang seiring dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi umat muslim untuk dapat lebih menelaah lebih jauh terhadap transaksi-transaksi yang sedang berkembang, salah satunya dengan adanya komunitas jual beli online waru e-comerce. Apakah akad-akad dari pihak-pihak yang terkait sudah sesuai dengan fiqih muamalah atau sebaliknya. Oleh karenanya tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui jenis-jenis akad begitupun yang menjadi objek untuk diperjual belikan yang terdapat dalam layanan e-comerce dalam aplikasi facebook, messenger dan instagram khususnya transaksi yang berada dalam komunitas jual beli online Waru e-comerce, serta tinjaun fqih muamalah terhadap akad-akad tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian normative emperis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan kajian pustaka dan juga wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap adanya fenomena di lapangan. Temuan penting dalam penelitian ini: (a) Komunitas Jual Beli Online Daerah Waru Pamekasan dibuat pada 12 September 2015 yang beranggotakan sebanyak 120.982 anggota. (b) Produk yang dijual antara lain: Fashion mencapai 200 postingan, Kendaran 300 postingan Jenis kendaraan roda empat atau mubil mencapai 120 postingan, Rumah atau kantor mencapai 30 postingan, rumah dikontrakan dan dijual mencapai 10 postingan, tempat kosan mencapai 7 postingan dan ruko atau toko disewakan dan di jual mencapai 13 postingan. Temuan ini memberikan solusi alternatif bagi para pembeli dan penjual untuk mempromosikan barang dagannya tanpa harus mempunyai tempat dan lahan untuk melakukan transaksi jual beli.

References

Abdullah bin al-Abbas, Musnad Bani Hasyim, Hadis Ahmad No. 3198.

Al Asqalani, Ibnu Hajar, Bulughul Marom, Semarang: Toha Putra, 1980.

Al Hadi, Abu Azam, Fikih Muamalah Kontemporer, Cet.Ke-2, Bandung: PT Rajagrafindo Persada, 2019.

Ananda Arfa Faisar dan Watni Marpaung, Metodologi Penelitian Hukum Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2018.

Anwar Desy, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Amelia, 2015.

Ath-Thayyar, Abdullah Bin Muhammad, Ensiklopedia Fiqih Muamalah Dalam Pandangan 4 Madzhab, Cet Ke-4, Yogyakarta: Maktabah Al-Hanif, 2017.

Aziz Muhammad Azzam Abdul, Fiqh Muamalat, Cetakan pertama, Jakarta: Amzah, 2010.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad, Fiqh Muamalat, Cetakan pertama, Jakarta: Amzah, 2010.

Depatemen Agama Republik Indonesia, Syaamil Al-Qur’an Miracle The refrerence,(Bandung, Sygma Publising, 2010) Surah An-Nahl Jus 14 Ayat

Depatemen Agama Republik Indonesia, Syaamil Al-Qur’an Miracle The refrerence,Bandung, Sygma Publising, 2010.

Dwi Astuti Fera, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Khiyar dalam jual beli sistem COD Cash On Delivery, IAIN Ponorogo, 2017.

Hasan, Akhmad Farroh, Fiqh Muamalh Dari Klasik Hingga Kontemporer (Teori Dan Praktek), cet-1, Malang:UIN Malang Press, 2018.

Hasanah Hasyim, Teknik-teknik Observasi, Jurnal At-Taqaddum, Vol. 8, No. 1, Juli 2016.

Http://suduthukum.com/2015/02/jual-beli-yang-diperbolehkan-dan-jual.html diakses 2 April 2022.

https://web.facebook.com/groups/1625134204411916, beranda pada profil dari komunitas jual beli online waru diakses prosedur memposting barang pada jam 15:00 Wib tanggal 06 Agustus 2021.

https://web.facebook.com/groups/1625134204411916,Komunitas jual beli online waru diakses prosedur untuk bergabung pada jam 15:10 Wib tanggal 06 Agustus 2021.

https://web.facebook.com/groups/1625134204411916,Komunitas jual beli online waru beranda pada topic yang pernah ditransaksikan diakses pada jam 15:20 Wib tanggal 06 Agustus 2021.

Ibrahim, Metodologi Penelitian Kualitatif: Panduan Penelitian beserta Contoh Proposal Kualitatif, Pontianak: Perpustakaan Nasional, 2015.

Imam Mustofa,Fiqih Muamalah, Kontemporer,2016.

J Meleong Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013.

Kau Sofyan, Metode Penelitian Hukum Islam, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2013.

Mushaf Aisyah, Al-Qur’an Dan Terjemah Untuk Wanita, (Jakarta: Jabal, 2010), 34.

PERMA No.2 Tahun 2008 Tentang Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah (KHES).

Shobirin Jual Beli Dalam Pandangan Islam, Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam Vol. 3no. 2 Desember 2015.

Sugiyono, Metodologi Penelitian kuantitatf, kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2016.

Syafe’I Rachmat, Fiqih Muamalah, Bandung: Pustaka Setia.2004.

Taufiq Ramadan Muhammad, Al-Buyu” asy-Syai”ah, cetakan pertama, 1998.

Downloads

Published

2024-09-28

How to Cite

Ach. Dlofirul Anam, & Noer Laili. (2024). Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Komunitas Jual Beli Online E-Commerce (Study Kasus Terhadap Komunitas Jual Beli Online Daerah Waru Pamekasan): Ach. Dlofirul Anam dan Noer Laili. An-Nawazil: Jurnal Hukum Dan Syariah Kontemporer, 6(2), 21–47. https://doi.org/10.69784/annawazil.v6i2.116